Selasa, 14 Oktober 2014

PENGALAMAN PRIBADI TENTANG ADAT ISTI ADAT

berdasarkan pengalaman adat istiadat yang saya alami, saya akan menceritakan ritual siraman yang saya lihat langsung sendiri dalam pernikahan adat jawa. dimana tante saya melakukan ritual siraman untuk membersihkan diri dan hati si calon pengantin wanita sehingga semakin mantap untuk melangsung pernikahan. siraman dimulai oleh kakek dan nenek saya yang termasuk orang tua tante saya. Ketika air wudhu dikucurkan dari kendi oleh sang ayah yang kemudian setelah selesai kendi tersebut dipecahkan. Hal tersebut menandakan pecahnya pamor seorang anak sebagai wanita dewasa dan telah memancarkan cahayanya. Proses ini menandakan bahwa orang tua telah rela melepas anaknya untuk menjadi wanita dewasa dan hidup dengan pendamping barunya.
Nah setelah acara pemecahan kendi selesai. Dilanjutkan dengan acara potong rambut tante saya. Potong rambut bermakna membuang kesialan. Setelah acara potong rambut tante saya digendong oleh kake saya ke dalam kamar yang melambangkan bahwa kasih sayang orang tua tidak akan pernah mati dan selalu mengiringi anaknya sampai detik terakhir menjelang tahap baru kehidupan sang anak.

Itulah sedikit cerita tentang adat istiadat yang pernah saya alami.

0 komentar:

Posting Komentar